Bisa dicoba dengan masak sendiri di rumah atau jika ingin mendapatkan rasa khas Lomboknya silakan datang langsung ke Lombok.

Setara.net – Pulau Lombok  yang terletak di wilayah Nusa Tenggara Barat, sekitar kurang lebih 80% penduduknya dikenal dengan suku sasak memiliki banyak keberagaman hal menarik yang dapat menjadikan alasan kita untuk berkunjung ke Lombok. Objek wisata alamnya tidak hanya dikenal oleh penduduk Indonesia, tapi juga oleh wisatawan mancanegara. Tidak hanya wisata alamnya saja yang terkenal keindahannya, ternyata Lombok juga memiliki berbagai makanan khas yang tidak biasa. Simak yuk 6 makanan khas Lombok berikut ini:

Ayam Taliwang

ayam taliwang makanan khas Lombok
ayam taliwang makanan khas Lombok

Dari namanya sudah pasti makanan khas Lombok yang satu ini berbahan dasar daging ayam. Daging ayam ini dimasak dengan cara dibakar yang telah dicampur dengan bumbu cabe merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan juga garam. Biasanya ayam taliwang disajikan bersamaan dengan plecing kangkung yang juga merupakan makanan khas Lombok.

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung Makanan Khas Lombok
Plecing Kangkung Makanan Khas Lombok

Makanan yang dijadikan sebagai pendamping ayam taliwang ini memiliki penyajian yang tidak beda jauh dengan masakan kangkung pada umumnya, yaitu kangkung dimasak dengan cara direbus. Plecing kangkung ini disajikan dengan sambal tomat yang kadangkala diberi tetesan jeruk limau. Plecing kangkung terkadang juga disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang atau kacang tanah goreng.

Kangkung yang digunakan berbeda dengan kangkung pada umumnya. Plecing kangkung khas Lombok menggunakan kangkung air yang biasanya ditanam di sungai dengan metode tertentu dan menghasilkan batang besar dan renyah.

Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak Makanan Khas Lombok
Poteng Jaje Tujak Makanan Khas Lombok

Makanan yang satu ini biasanya menjadi salah satu makanan khas yang ada pada hari besar. Poteng itu artinya tape dan jaje tujak artinya uli, jika digabung artinya menjadi tape uli. Namun berbeda dengan tape uli makanan khas betawi, poteng jaje tujak ini baik poteng maupun jaje tujak dibuat dengan menggunakan beras ketan putih. Agar terlihat lebih cantik poteng diberikan sentuhan warna hijau dengan menggunakan pewarna alami, yaitu daun suji. Dan kalian akan merasakan keunikan rasa dari poteng jaje tujak.

Sate Rembiga

Sate Daging Rembiga Makanan Khas Lombok
Sate Daging Rembiga Makanan Khas Lombok

Sate rembiga ini merupakan salah satu olahan dari daging sapi khas Nusa Tenggara Barat. Sebelum menjadi sate, daging sapi ditumbuk terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu hasil racikan kemudian dicampur dan didiamkan selama 2 jam, agar bumbu lebih meresap. Sate rembiga ini tidak disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Walaupn tidak disajikan dengan bumbu, sate rembiga memiliki kenikmatan rasa khas tersendiri.

Sate Pusut

Sate Pusut Makanan Khas Lombok
Sate Pusut Makanan Khas Lombok

Bahan dasar dari sate pusut ini sama dengan sate rembiga, yaitu daging sapi. Namun cara pengolahannya yang berbeda. Sate pusut ini dibuat dengan daging sapi giling yang dicampur dengan parutan kelapa. Membuat sate pusut sedikit lebih sulit dari membuat sate pada umumnya, karena sate pusut ini dibuat dengan cara dililit bukan ditusuk.

Sambal Beberuk

Sambal Beberuk Makanan Khas Lombok
Sambal Beberuk Masakan Khas Lombok

Selain makanan, Lombok juga memiliki sambal khas yang diberi nama dengan sambal beberuk. Sambal dengan campuran irisan terong dan kacang panjang yang kemudian disiram dengan sambal super pedas. Sambalnya terbuat dari cabai rawit merah, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur bakar, terasi matang, gula pasir dan garam. Rasa pedasnya akan menggugah selera makan anda.

Itu dia 6 makanan khas Lombok yang akan memberikan rasa khas di lidah. Bagaimana? Penasaran dengan rasanya? Silakan dicoba!

Cara membuat Ayam Taliwang, Makanan Khas Lombok
Cara membuat Ayam Taliwang, Makanan Khas Lombok | Setara.net

Bisa dicoba dengan masak sendiri di rumah atau jika ingin mendapatkan rasa khas Lomboknya silakan datang langsung ke Lombok. Selamat mencoba.

Baca juga:

Windi Sarastika

Windi Sarastika

Mahasiswa UNPAM yang sedang belajar berbagi informasi melalui tulisan.
Windi Sarastika
SHARE