Mudah mendapatkan, murah, cepat dan banyak pilihan rasa membuat kopi kemasan semakin laku.

Setara.net – Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia adalah salah satu penikmat kopi terbesar di dunia. Melihat hal ini, banyak perusahaan khususnya yang menjual kopi kemasan berlomba untuk menjual produknya sebanyak-banyaknya. Kesempatan ini juga menjadi ajang persaingan antar produsen kopi kemasan.

Tentunya setiap produsen kopi kemasan memiliki andalannya masing-masing. Dengan berbagai varian rasa serta adu harga jual membuat persaingan kopi kemasan di Indonesia semakin menarik dan layak kita lihat. Dalam dunia kopi kemasan di Indonesia, brand-brand moncer seperti Kapal Api, Top Coffee, Indocafe, Good Day, Nescafe dan lainnya terus melancarkan strateginya untuk mendapatkan penjualan terbanyak.

Murahnya Kopi Kemasan

Murahnya kopi kemasan membuat masyarakat Indonesia sangat dimudahkan untuk menyesap secangkir kopi. Dengan harga yang hanya seribu hingga dua ribu rupiah, membuat semua kalangan bisa menikmati kopi kemasan.

Warung-warung kelontong di seluruh Indonesia hampir semuanya menjual kopi kemasan. Dan pastinya warung burjo di Jakarta dan kota-kota lainnya, mereka sudah pasti menyediakan kopi, tentunya mayoritas kopi kemasan. Dengan selembar uang dua ribu rupiah Anda bisa mendapatkan secangkir kopi.

Mudahnya mendapatkan kopi kemasan

Dengan harga yang sangat terjangkau bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia membuat kopi kemasan menjadi produk yang sangat penting bagi masayarakat. Kita sangat mudah mendapatkan kopi kemasan yang kita inginkan. Selain harga yang begitu murah, kita juga gampang membuat hidangan secangkir kopi. Tak perlu menakar sendok demi sendok bubuk kopi dan berapa takaran gula yang harus kita tuangkan ke dalam cangkir.

Untuk menghidangkan secangkir kopi kemasan yang Anda butuhkan hanya menyeduhnya dengan air panas saja. Tunggu beberapa detik atau menit, jadilah secangkir kopi yang aduhai.

Rasa bukanlah segalanya

Mereka para penikmat kopi kemasan memandang rasa adalah belakangan. Yang mereka ingin atau rasakan adalah yang penting ngopi. Cukup. Itu sudah. Mereka tak perlu ribet menyesap kopi dengan penuh filosofi. Sekali lagi, yang penting ngopi. Justru dengan ini, mereka bisa menikmati kopi dengan khusuk. Walaupun banyak yang mengkritik atau menyela rasa kopi kemasan tak benar-benar rasa kopi yang sesungguhnya, nyatanya kopi kemasan adalah pilihan banyak orang untuk ngopi dengan segala kekurangannya.

Kopi Kemasan Terpopuler di Twitter

Pada periode 18 April hingga 22 April 2017 lalu, perusahaan analitik media sosial bernama GDILab.com yang berkantor di Jakarta telah menganalisa kopi kemasan di Twitter. Hasilnya adalah dari tiga nama kopi kemasan populer di Indonesia, nama Kapal Api adalah brand yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna twitter Indonesia. Persentase post (mention/no mention) terhadap Kapal Api mendapatkan 47,5 persen. Peringkat kedua ditempati oleh Top Coffee yang memperoleh persentase sebesar 32,1 persen. Kemudian terdapat Indocafe yang hanya memperoleh 20,4 persen saja.

Salah satu pendongkrak kepopuleran Top Coffee adalah memiliki brand ambassador Iwan Fals. Sang legenda hidup tersebut beberapa bulan terakhir sering muncul di iklan televisi nasional untuk mempromosikan Top Coffe. Alhasil, nama Top Coffee terus terkerek naik.

Kopi kemasan terpopuler di Twitter
Kopi kemasan terpopuler di Twitter I Infografis GDILab.com

Adapun engagement atau interaksi yang terjadi anatara user dan brand atau produk, Indocafe justru mendapatkan persentase terbanyak. Ia mendapatkan sebanyak 62,2 persen. Kemudian Kapal Api memperoleh 42,9 persen dan Top Coffee hanya mendapatkan 26,8 persen saja.

Menikmati Kopi Kemasan

Minum kopi kemasan adalah solusi menikmati kopi secara instan. Namun untuk sekarang, justru kopi kemasan menjadi kopi sehari-sehari bagi masyarakat. Bahkan, kopi buatan sendiri yang dibuat secara tradisional lama kelamaan tergeser oleh kopi kemasan. Mudah mendapatkan, murah, cepat dan banyak pilihan rasa membuat kopi kemasan semakin laku. Bukan tak mungkin, beberapa tahun ke depan akan lahir brand-brand baru kopi kemasan di Indonesia.

Lalu, apa kopi kemasan favorit Anda? apakah Kapal Api, Indocafe, Top Coffee, Good Day, atau? Yang pasti, menikmati secangkir kopi kemasan adalah salah satu kemewahan hidup yang semakin sulit ini.

Laporan Khusus:

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE