Setara.net – Jakarta kala malam, adalah surganya kuliner. kamu tak perlu capek dan bersusah payah mencari makan pada malam hari. Tak terkecuali di Kemayoran Jakarta Pusat. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam makanan di sana. Pedagang emperan dan restoran-restoran dengan harga mahal semua tersedia di Kemayoran.

Tak perlu khawatir jika sedang uang cekak, kamu boleh mencoba makanan pinggir jalan di seputar Kemayoran. Kamu bisa jajan di seputaran masjid Akbar, ataupun di sepanjang jalan Garuda, kanan-kiri. Semua menu bisa kamu dapatkan.

Jumat sore, adalah puncak kemacetan jalanan Jakarta. Jumat (09/12) saya ada jadwal kuliah. Namun, sudah tentu bisa ditebak, jalanan Jakarta sepanjang Gunung Sahari menuju kampus padatnya minta ampun.

Celakanya ketika saya datang di kampus, belum sempat memarkir kendaraan, salah satu teman di kelas berkata “Dosennya gak ada, pulang aja lo”. Betapa sia-sianya saya melawan kemacetan sore itu.

***

Tak lama dari kampus, teman saya mengajak ke Ketan Susu Kemayoran. Bagi kamu yang warga Jakarta, dan tinggal di Kemayoran maka tak akan asing dengan lapak yang satu ini.

Ketan Susu Kemayoran beridiri sejak 1958

Pada awalnya, Tansu Kemayoran menjual ketan putih saja. Mereka menjual ketan putih lalu ditaburi dengan parutan kelapa. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, maka di kisaran tahun 2000an, mereka menambahkan susu. Jadilah namanya Ketan Susu Kemayoran.

Lokasi Ketan Susu Kemayoran

Kamu akan mudah sekali mencari lokasi Tansu ini. Beralamat di Jalan Garuda Ujung, membuat warung sederhana ini mudah dicari. Alih-alih warung ketan susu tersebut mewah dan besar. Ia hanya kurang lebih berukuran 3X3 meter. Tempatnya pun juga nyempil diantara perkampungan di Garuda Kemayoran. Saking nyempil dan sempitnya, tak ayal setiap malam tiba para pembeli sampai duduk di trotoar saking ramainya.

Menu Tansu

menu ketan susu kemayoran
Dua porsi ketan susu dengan gorengan dan teh poci

Tentu warung ini menjual Ketan. Ketan putih ditaburi dengan parutan kelapa dan dilumuri susu putih di atasnya. Betapa legit dan nikmatnya. Selain ketan, minuman yang disediakan ada teh tawar dan teh poci. Tak hanya itu, terdapat juga aneka gorengan. Dari tempe, pisang, singkong dan ubi goreng dengan harga seribu rupiah setiap satu gorengan.

Harga

Warung Ketan Susu Kemayoran ini memberikan harga yang sangat ekonomis. Seporsi hanya empat ribu. Dengan harga yang sangat murah tersebut, membuat warung ini tak henti-hentinya dari pengujung. Dan satu lagi, warung ini buka 24 jam nonstop. Kalau kamu tak mau berdesakan dan antri, waktu siang hari atau sore adalah waktu yang tepat. Jika malam, jangan harap kamu bisa mendapatkan tempat duduk, paling kamu akan lesehan di trotoar.

Rasa legit yang pas

Ketika kamu menikmati ketan putih yang ditaburi parutan kelapa dan lumuran susu, disertai dengan tempe goreng, maka rasa legit langsung menyergap di lidah. Empuk dan legitnya tak bisa dikalahin dengan ketan lain. Rasa manisnya tak berlebihan.

Setelah menghabiskan ketan, kamu bisa minum teh poci. Teh poci manis yang masih panas akan menyempurnakan “ibadah” makan ketanmu.

ketan susu kemayoran
Penjual sibuk melayani para pembeli

Warung ini hingga sekarang sudah menjadi legenda tersendiri terhadap dunia kuliner khususnya di Kemayoran dan Jakarta. Mayoritas orang akan tahu, ketika mengajak ke tansu, pasti maksudnya adalah di Ketan Susu Kemayoran.

Dan biasanya, ketika di Tansu mayoritas orang akan menghabiskan lebih dari satu porsi. Saking legit dan gurihnya.

Jadi, kapan ke Tansu Kemayoran?

ketan susu kemayoran
Warung Tansu tampak dari samping.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE