Dengan era internet inilah, apapun rasanya bisa dilakukan dengan internet. Saya kira, penemuan internet adalah salah satu penemuan yang revolusioner dalam sejarah peradaban modern.

Setara.net – Dengan semakin majunya teknologi, semua hal yang dulu sukar dikerjakan, kini semakin mudah. Dulu handphone hanya berfungsi untuk menerima atau memanggil saja. Itu pun biayanya saat itu mahal sekali. Lebih maju lagi, pengembangan handphone tak hanya menerima atau memanggil lagi, tetapi dikembangkan dengan adanya pengirim pesan pendek. Di Indonesia kita mengenalnya SMS.

Di awal 2005an awal hingga beberapa tahun ke depannya, komunikasi bermodal pesan pendek ini sangat digandrungi olehpara remaja. SMS seakan menjadi kegiatan yang asik dan dengan melakukan itu, mereka yang sedang mencari pasangan banyak menemukan berkat intensnya berkabar melalui SMS.

Perkembangan teknologi memang tidak bisa dibendung lagi. Euforia SMS dan telepon di dalam negeri belum usai, datang lagi handphone yang memiliki kamera. Yang bisa menyimpan lagu dan juga video. Era itu, di mana perkembangan teknologi terus melaju semakin cepat.

Hal itu juga menandai internet mulai menyebar hamper di semua kalangan masyarakat. Tak hanya orang-orang berpendidikan tinggi dan orang kaya saja yang menggunakan internet dan juga handphone.

Dan beberapa tahun terakhir tibalah era internet. Ya, semua serba internet. Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 257,6 juta jiwa, kini yang sudah mengerti internet setidaknya lebih dari 132,7 juta. Artinya yang sudah mengenal, mengerti internet lebih dari setengah penduduk Indonesia. Data tersebut dirilis akhir tahun 2016 oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Komposisi Pengguna Internet di Indonesia 2016
Komposisi Pengguna Internet di Indonesia 2016 | APJII

Dengan era internet inilah, apapun rasanya bisa dilakukan dengan internet. Saya kira, penemuan internet adalah salah satu penemuan yang revolusioner dalam sejarah peradaban modern.

Sebagai seorang yang sedikit-sedikit internet, saya kira saya perlu memiliki akses internet yang cepat, sinyal kuat dan tentunya sebagai konsumen adalah harga yang murah. Kamu harus pintar dalam mencari provider yang benar-benar mengertimu. Hal ini untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Go Digital

Dengan hal-hal di atas dapat disimpulkan bahwa inilah eranya internet. Era digital. Dan peluang terbesar bagi kita, generasi milenial adalah terjun ke ranah digital. Entah menjadi seorang developer website, content writer, programmer, digital marketing dan lain sebagainya. Perusahaan-perusahaan belakangan ini juga sudah membuka banyak banget peluang yang lebih mengedepankan digital dibandingkan konvensional.

Dan memang inilah waktunya, jika tidak. Kita akan ketinggalan jauh dengan orang lain. Apalagi kita sudah tertinggal dengan bangsa-bangsa lain yang sudah menceburkan dirinya ke ranah online.

Laporan Khusus:

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
SHARE