CCTV belum bisa merekam suara, video berisi hanya gambar tanpa suara. Kekurangan lain, CCTV masih bisa dimanipulasi, dengan menempelkan permen karet.

Setara.net – Kamu pasti sudah tahu kepanjangan dari CCTV yaitu Closed Circuit Television Cameras, seperti yang kita tau manfaat dari CCTV adalah merekam setiap kejadian yang ada di suatu tempat, tapi taukah kamu ternyata CCTV banyak kekurangannya juga, dan mungkin penemu CCTV atau perusahaan CCTV bisa pakai ide ini untuk berinovasi. Berikut saya paparkan satu persatu, mari kita cek! 

Kekurangan cctvHanya Bisa Merekam, Tidak Bisa “Teriak”

Memang guna CCTV untuk merekam setiap kejadian di suatu ruangan atau tempat, dan saat ada kejadian bisa kelihatan siapa pelakunya dan apa yang “sudah” dikerjakannya. Saya bilang sudah karena rata-rata CCTV baru dicek setelah ada kejadian, seperti ada pencurian, petugas baru cek CCTV untuk melihat siapa pelakunya, padahal pelakunya sudah entah kabur kemana, kecuali kalau ada petugas yang standby di depan monitor yang terhubung oleh kamera CCTV-nya. Kalau CCTV bisa “teriak” seperti seseorang yang sedang melihat kejadian itu secara langsung pasti kejadian yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.

Tidak Bisa Langsung Menangkap Pelaku

Seperti sudah disinggung di atas, CCTV ibarat robot yang cuma punya mata dan otak tanpa mulut dan tangan serta kaki. Maksudku adalah kalau CCTV selain bisa teriak, pelaku kejahatan pasti akan kaget dan mengurungkan niatnya, namun karena panik biasanya mereka akan melawan. Nah itulah gunanya tangan dan kaki. Kalau CCTV bisa langsung melumpuhkan sementara pelaku kejahatan sebelum petugas ke lokasi mungkin akan berkurang kejahatan di dunia. Atau berikan aliran kejut sedikit untuk melumpuhkan sementara saja bukan untuk membunuhnya, karena aparat perlu membuat efek jera supaya kejahatan tersebut tidak terulang lagi.

Hanya Merekam ke Satu Arah, Pasti Ada Blankspot-nya

Seperti mata kita yang terbatas, CCTV-pun juga, mata kita tidak bisa melihat bagian belakang kepala kita, itulah yang dinamakan blankspot, CCTV-pun sama, kecuali yang otomatis berputar sesuai waktu yang disetting di alatnya. Pelaku kejahatan yang sudah mahir pasti akan memperhatikan ini, kalau CCTV-nya berputar setiap 20 detik, pelaku kejahatan pasti akan menghitung agar dirinya tidak terekam oleh CCTV.

Tidak Bisa Mendeteksi Perilaku Mencurigakan

Sejauh yang saya tau, CCTV belum dilengkapi dengan sensor pendeteksi perilaku atau gerak gerik yang mencurigakan, hanya ada pendeteksi panas tubuh, setau saya aja lohh ya hehe. Jika dilengkapi dengan sensor pendeteksi kejahatan, pelaku akan belajar acting dulu sebelum berbuat untuk bisa bersikap senormal mungkin kalau mau melakukan kejahatan hehe.

Hasil Kamera yang Kurang Jelas dan Tidak Bisa Merekam Suara

Ukuran kamera CCTV adalah 2.1 mm, 2.5 mm, 4 mm, atau 12 mm, tapi kadang tidak jelas bila pencahayaan kurang, mungkin bisa ditambahkan sensor infrared supaya saat pencahayaan kurang bisa terlihat jelas, tapi infrared pun masih hasilnya cuma agak kehijau-hijauan atau malah hitam putih. Infrared juga perlu berinovasi agar hasilnya jadi terang seperti saat pencahayaan bagus. Bila ada pelaku yang mencurigakan, kemudian diambil gambarnya dari CCTV untuk kepentingan penyelidikan, biasanya hasil printnya kurang jelas, hanya terlihat siluet dan hasil kira-kira dari postur pelaku tersebut. Terkecuali perangkat yang digunakan lebih canggih untuk membersihkan atau memperjelas gambarnya.

Mengenal CCTVCCTV juga belum bisa merekam suara, video berisi hanya gambar tanpa suara. Kekurangan lain, CCTV masih bisa dimanipulasi, dengan menempelkan permen karet atau menutup kameranya dengan sesuatu agar tidak terlihat, atau menyabotase dengan membuat gambar yang berulang, jadi petugas melihatnya tidak terjadi apa-apa.

Selain kekurangan di atas, CCTV banyak kelebihannya juga, yaitu pelaku kejahatan biasanya akan menghindari tempat yang sudah dipasang CCTV dan lebih memilih mencari tempat lain untuk melakukan kejahatan kecuali yang memang nekat. Untuk di tempat kerja, biasanya karyawan akan tetap fokus pada pekerjaan walaupun atasan tidak ada. Terakhir CCTV sebagai alat bukti kejahatan.

Yappt itulah pemaparan saya,  Yah namanya juga manusia banyak gak puasnya dan selalu lihat kurangnya aja hehe. Lebih kurangnya mohon maaf, diambil baiknya aja, mungkin bisa jadi ide untuk terus berinovasi supaya CCTV kita bisa lebih baik lagi, karena perangkat satu ini sangat diperlukan untuk menjaga tempat-tempat yang dipasang CCTV tetap aman dan kondusif.

Baca juga:

Desti

Blogpreneur yang gak peduli sama sakit hatinya dihina orang, yang tetap berjalan menuju mimpinya sampai terwujud dan akan membuat si penghina berubah sikap menjadi bertepuk tangan dan pengagum rahasia.
SHARE