Indonesia menempati nomor satu Asia soal ramah dan mudah bersosialisasi dengan skor 61,88. 

Setara.net – Ternyata kabar baik dari Indonesia di mata dunia masih ada. Adalah soal ramah. Masyarakat di Indonesia sudah terkenal ramah sejak dulu. Hal ini tidak mengagetkan survei yang dikeluarkan oleh Legatum Institute, lembaga yang berkantor di Inggris ini telah melakukan penelitian yang bertajuk “The Legatum Prosperity Index 2016”, penelitian ini mengenai penduduk yang paling ramah dan yang paling mudah bersosialisasi di Asia.

Indonesia menempati nomor satu di Asia soal ramah dan mudah bersosialisasi dengan skor 61,88. Sosialisasi masyarakat yang diidentifikasi termasuk lingkup hubungan personal, partisipasi masyarakat, dan dukungan terhadap jaringan sosial.

Negara selanjutnya yang paling ramah dan mudah bersosialisasi adalah Negara Srilanka dengan skor 61,18. Beda tipis sekali dengan Indonesia. Urutan ketiga ditempati oleh negara Filipina dengan skor 59,57, kemudian Thailand di angka 57,06. Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia ada di posisi nomor enam dan tujuh. Dengan angka masing-masing sebesar 56,83 dan 56,76.

Namun, dalam lanskap seluruh dunia, Selandia Baru adalah negara paling ramah dan mudah bersosialisasi dengan skor 68,95.

Tingkat Keramahan Negara Asia
Tingkat Keramahan Negara Asia | Setara.net

Indonesia paling ramah di Asia

Melihat data yang dikeluarkan oleh Legatum Institut tersebut tak mengagetkan bagi kita semua. Karena memang mayoritas masyarakat di Indonesia memang terkenal ramah. Sebabnya adalah budaya ramah tamah dan mudah bersosialisasi ini sudah mendarah daging sejak lama.

Penyebab Indonesia menjadi ramah

Indikasi atau penyebab orang Indonesia ramah adalah mungkin karena kelamaan negara ini dijajah oleh Belanda dan Jepang. Yang membuat orang Indonesia berpikir bahwa orang luar negeri lebih berpendidikan dan lebih maju dibandingkan dengan orang Indonesia. Padahal tidak semuanya begitu. Namun ilmu pukul rata ini sudah menjadi mindset kebanyakan masyarakat Indonesia.

Hal ini membuat para wisatawan dari luar negeri yang berkunjung di Indonesia akan sangat dihargai dan dihormati. Maka, wajar jika wisatawan Asing yang berkunjung ke Indonesia akan balik lagi ke Indonesia. Selain keramahannya, tentu memang wisata di Indonesia juga terkenal bagus.

Mindset yang perlu dirubah

Mindset bahwa orang luar negeri atau bule lebih maju dan lebih cerdas dibandingkan dengan orang Indonesia harus dikikis sedikit demi sedikit. Jika pikiran kita sudah menyatakan kalah saing dengan negara lain, ya ke depannya akan susah bersaing secara global. Entah itu ekonomi, teknologi, atau di bidang keilmuan lainnya. Mindset kita harus dirubah, agar bisa maju.

Anak-anak kuncinya

Yang lebih terpenting dan belum terlanjur adalah, menanamkan mindset kepada anak-anak usia sekolah. Jadi, harusnya sepuluh hingga lima belas tahun ke depan, mindset bahwa orang bule lebih maju dan cerdas itu sudah hilang. Karena sama-sama manusia, dan kita setara.

Laporan Khusus:

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE
  • rodhiyatum mardhiyah

    Setuju, karena kehidupan tergantung bagaimana cara kita memandang hidup. Dan dimulai dari diri sendiri hingga berlanjut ke generasi berikutnya untuk menanamkan mindset yg demikian~