Setara.net – Internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia masa kini dan bahkan menjadi sesuatu yang penting dari gaya hidup sebagian besar orang di dunia. Di Indonesia sendiri, internet sudah sangat berkembang dan mungkin tidak ada bedanya dengan negara-negara maju, sama-sama menjadi bagian yang penting dari kehidupan banyak orang.

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2016, jumlah pengguna internet sebanyak 88,1 juta jiwa. Internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Hal itu karena memang dengan kehadiran internet semuanya menjadi mudah, cepat, dan praktis. Dengan internet, semua hal bisa kita dapatkan. Kita bisa mengetahui informasi secara cepat, kita bisa mencari tutorial, bahkan akhir-akhir ini banyak yang menggunakan internet sebagai ladang untuk mencari pundi-pundi uang.

Mungkin banyak yang menggunakan Internet untuk mencari berita, tutorial, lowongan kerja dan info-info lainnya. Namun diantara itu semua ternyata orang-orang juga sering mencari hal-hal yang sepertinya ‘gak penting’ untuk dicari melalui internet. Apa saja hal-hal itu? Berikut adalah hal-hal gak penting yang dicari orang lewat internet.

Perilaku pengguna internet di Indonesia
Perilaku pengguna internet di Indonesia | Setara.net

Permasalahan Cinta

Ternyata banyak juga orang yang mencari solusi dari permasalahan cintanya melalui internet. Mungkin dalam sisi lain hal ini bisa dibilang sesuatu hal yang tidak relevan apabila dicari melalui internet. Karena suatu permasalahan pasti berbeda-beda, dan hanya kita yang bisa menyelesaikan permasalahan kita sendiri.

Tetapi di sisi lain, mencari solusi dari permasalahan cinta di internet adalah tindakan untuk menghemat biaya. Daripada kita pergi ke Psikolog, mending cari solusinya di Internet. Ya kan? Karena sebagian ilmu Psikologi pasti ada di internet. Rata-rata permasalahan cinta dari banyak orang adalah ‘gitu-gitu saja’. Kebanyakan permasalahannya sama, kalau gak diselingkuhin, diputusin, atau ditolak. Dan hal yang lebih beratnya ketika dijodohin atau tidak direstui orang tua. Solusi itu semua pasti ada di internet. Tapi, jangan percaya kepada internet karena balik lagi ke teori awal, “Yang bisa menyelesaikan permasalahan kita adalah diri kita sendiri.”

Ramalan Bintang (Zodiak)

Walaupun banyak orang yang ‘mengaku’ tidak percaya atas ramalan bintang atau zodiak, tapi kenyataannya masih banyak orang yang mencari ramalan bintangnya melalui Internet. Dari usia yang masih belia hingga orang tua pun masih tertarik dengan ramalan bintang ini. Mungkin mereka mencarinya hanya sekedar sebagai hiburan, karena mereka rata-rata ‘ngakunya’ gak percaya atas ramalan bintang.

Penampakan hantu / Cerita Horor

Ada yang unik dari netizen di Indonesia. Bahwa mereka nampaknya tidak bisa terlepas dari hal-hal mistis dan malah sering mencarinya di internet. Foto-foto penampakan sering dicari oleh orang-orang Indonesia melalui internet. Cerita-cerita horor-pun juga banyak dicari. Mungkin itu sebagai penghilang rasa bosan atau memang suka dan penasaran akan hal-hal mistis di luar sana.

Laporan Khusus:

SHARE