KTM Factory Racing, salah satu tim yang ada di arena balap MotoGP nampaknya akan segera melebarkan sayapnya dan utamanya untuk mengungguli tim-tim unggulan seperti Repsol Honda maupun Movistar Yamaha. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan merekrut Marc Marquez, rider Repsol Honda.

Upaya yang dilancarkan oleh KTM Factory Racing ini untuk mendatangkan Marc Marquez adalah dengan menawarkan gaji yang cukup tinggi, bahkan dua kali lipat dibandingkan gajinya sekarang di Repsol Honda.

Marquez saat ini dibayar dengan gaji 10 Juta Dollar atau sekitar Rp 134,9 Miliar. Namun, KTM kabarnya akan menyiapkan gaji 20 Juta Euro atau jika dirupiahkan sekitar Rp 315 Miliar. 20 Juta Euro itu jika dijadikan dollar mencapai lebih dari 23 Juta Dollar. Artinya, jika Marquez bergabung dengan KTM, gajinya akan lebih dari dua kali lipat dari sekarang.

Gaji Rider MotoGP bisa dikatakan mahal untuk sekelas atlet olahraga, meskipun tidak semahal gaji pemain sepakbola, namunĀ  gaji Rider MotoGP paling mahal ini bisa membuktikan bahwa MotoGP merupakan dunia olahraga yang sangat diperhitungkan.

5. Maverick Vinales

Rider MotoGP dari tim Movistar Yamaha ini, menempati posisi ke lima sebagai rider dengan gaji terbesar pada musim ini. Tapi sebenarnya gaji dari Vinales ini cukup di luar ekspektasi para pecinta MotoGP yang mengira gajinya akan sangat besar, karena ia berada di tim besar sekelas Movistar Yamaha. Tapi nyatanya, berada di tim besar bukan jaminan bahwa gajinya akan besar.

Pada musim 2017, gaji Maverick Vinales di Movistar Yamaha tercatat sebesar 1,5 juta dollar atau sekitar Rp 20,2 miliar setiap tahunnya. Meskipun gaji yang sebenarnya sangat jauh dari ekspektasi masyarakat, tapi setidaknya dia masuk ke dalam lima pembalap MotoGP dengan gaji terbesar.

4. Alvaro Bautista

Pembalap asal tim Aspar ini ternyata gajinya tidak besar juga, tapi cukup mengejutkan lantaran lebih besar dibanding Maverick Vinales yang tampil impresif di musim ini. Gaji Bautista di tim Aspar adalah 2 juta dollar per tahun atau setara dengan Rp 26,6 miliar. Meski prestasinya tidak banyak, tapi pengalamannya yang cukup banyak itulah yang membuat dirinya dibayar cukup mahal.

Gaji Pembalap MotoGP 2017
Gaji Pembalap MotoGP 2017

3. Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa

Andrea Dovizioso, mantan pembalap Repsol Honda yang musim ini menunggangi motor dari Ducati Corse ini ternyata memiliki gaji yang sama dengan Dani Pedrosa, mantan rekannya tapi sekarang beda tim, karena Pedrosa hingga saat ini masih bertahan di Repsol Honda. Keduanya memiliki gaji yang sama yakni 2,5 juta dollar atau sekitar Rp 33,7 miliar. Pengalaman serta berbagai prestasinya, cukup wajar jika keduanya dibayar dengan angka sebesar itu setiap tahunnya.

2. Jorge Lorenzo

Perlu diingat bahwa sekarang Jorge Lorenzo bukan bagian dari tim Yamaha , dirinya sekarang bergabung dengan tim Ducati Corse. Dan sekarang terungkap apa yang menyebabkan ia nekat pindah ke Ducati, padahal ia sering mendapatkan prestasi di Yamaha. Mungkin dia tidak tahan melihat tawaran gaji yang begitu tinggi dari Ducati. Gajinya di Ducati Corse setiap tahunnya senilai 7 juta dollar atau sekitar Rp 94,4 miliar. Karena tingginya gaji itulah, membuat Lorenzo menempati posisi kedua dengan Rider termahal di MotoGP.

1. Valentino Rossi dan Marc Marquez

Ternyata kedua Rider yang memiliki basis fans paling tinggi di Indonesia ini memiliki gaji yang sama, dan sama-sama tingginya. Di musim ini, Rossi di Movistar Yamaha dan Marquez di Repsol Honda sama-sama mendapatkan gaji 10 juta dollar atau sekitar Rp 134,9 miliar setiap tahunnya.

Tapi, sepertinya gaji Marquez di musim depan akan melebihi Valentino Rossi lantaran yang sudah jelaskan di atas, bahwa jika Marquez akan pindah ke KTM, maka dia akan dibayar 23 juta dollar, atau dua kali lipat dari gajinya sekarang, bahkan lebih.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga, di musim depan Rossi akan naik gaji, namun dengan syarat jika dirinya tidak memutuskan untuk pensiun. Yang jelas, keduanya diprediksi akan tetap menjadi rider dengan gaji tertinggi di musim depan.

Yang mana rider favoritmu? Yuk langsung saja tulis rider favoritmu melalui kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa share artikel ini agar teman-teman kamu juga tahu berapa gaji pembalap favoritnya.

SHARE