Setara.net – Nonton film perjalanan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya, kamu bisa menikmati film dan keindahan dunia luar hanya dengan menonton. Seakan, kamu melakukan traveling hanya dengan duduk di depan layar.

Film mengenai traveling, juga bisa menjadikan referensi atau pengaruh terhadap penontonnya. Setelah menonton film, banyak orang yang akan pergi ke suatu tempat di film tersebut. Film dalam hal ini adalah salahsatu promosi terbaik.

Film Indonesia yang bikin kamu ingin melakukan traveling

Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Laskar Pelangi The Movie

Film besutan Mira Lesmana dan Riri Riza ini adalah bercerita mengenai anak-anak SD di Belitung  yang tergabung dalam Laskar Pelangi yang melakukan petualang dalam dunianya. Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Andrea Hirata, yang berjdul sama. Laskar Pelangi adalah film terlaris pada tahun 2008 silam. Film ini juga menjadikan Belitung, menjadi wisata yang populer hingga saat ini.

Haji Backpaker

Haji Backpaker Cover
Haji Backpaker Cover

Adalah film yang menceritakan mengenai perjalanan anak muda yang mengelilingi Asia karena ia marah kepada Tuhannya karena sudah merenggut ibunya. Haji Backpaker membuatmu takjub mengenai lanskap negara-negara di Asia. Film ini melewati sembilan negara untuk menuju Mekkah melalui darat. Kamu akan tahu indahnya kota Bangkok, dan keagungan Himalaya.

5 cm

5 cm Cover
Film : 5 cm Cover

Film ini dirilis di akhir tahun 2012, tepatnya pada 12 desember 2012. 5 cm sama dengan Laskar Pelangi, yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama, 5 cm. Film ini Bercerita tentang 5 orang sahabat yang telah bersahabat sepuluh tahun lamanya. Dan tentunya mereka memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Dengan persahabatannya itu mereka merasa bosan dengan rutinitas yang itu-itu aja. Lantas mereka memutuskan untuk tidak bertemu selama 3 bulan.

Setelah 3 bulan tidak berjumpa, mereka memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan impian dan tantangan. Yaitu mengibarkan bendera merah putih di puncak Mahameru. Di film ini, kamu akan melihat betapa indahnya puncak Mahameru dan juga betapa berharganya persahabatan. Film 5 cm, membuatmu ingin melakukan pendakian. Namun, sayangnya film ini juga mendapat banyak kritikan karena tidak mengindahkan peraturan mendaki yang benar.

Punk in Love

Punk in Love
Punk in Love

Film ini menceritakan mengenai 4 anak punk berasal dari kota Apel Malang, yang menemani temannya menuju Jakarta untuk menggagalkan pernikahan pujaan hatinya. Awalnya mereka berangkat dari Malang numpang truk menuju kota Yogyakarta dan setelah sampai Yogya akan menumpang truk lain. Sialnya, mereka salah menumpang truk dan mereka nyasar kemana-mana. Alih-alih ke Yogya, malah mereka terbawa ke gunung Bromo.

Tak hanya itu, mereka nyasar ke Blitar, Cepu, Rembang dan Semarang. Selama perjalanannya itulah yang membuat cerita tentang persahabatan sangat berasa banget. Perjalanan dengan sahabat adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Akan tetapi di film ini, cerita mengenai “senang” itu agaknya sangat jarang. Karena di tengah perjalanan mereka mendapat banyak kesusahan. Misalnya kelaparan, kena banjir, dan salah satu diantara mereka ada yang sakit.

Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2)

AADC 2 Cover
AADC 2 Cover

Film ini adalah sekuel dari film yang berjudul sama, akan tetapi rilisnya memiliki jarak waktu yang cukup lama (2002 – 2016). Sekuel pertamanya dirilis pada tahun 2002 silam. AADC 2 masih dibintangi oleh pemeran sebelumnya, Dian Sastro Wardoyo sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga. Film ini menceritakan tentang kelanjutannya film AADC. Cinta dan Rangga pada saat film pertama masih mengenakan seragam SMA.

Pada AADC 2, Cinta sudah dewasa dan pemilik sebuah cafe pop mini di Jakarta. Sedangkan Rangga dewasa telah menjadi seorang penulis dan pemilik kedai kopi di New York, Amerika. Film ini syuting di beberapa tempat, diantaranya New York, Jakarta, dan Jogja. Yang menarik disini, tempat wisata di Yogya yang dikunjungi oleh Cinta dan Rangga menjadi terkenal setelah adanya film AADC 2. Seperti Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam. Film ini menyuguhkan pemandangan yang indah mengenai sekilas kota New York yang dingin dan tentunya kota Jogja yang cantik.

Baca juga : Wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

Itulah 5 film yang membuat kamu ingin melakukan traveling. Entah sendirian ataupun bareng dengan teman. Jika ada yang belum menonton salah satu film diatas, rasanya kamu harus menontonnya.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE
  • Belum nonton semuanya