Setara.net – Bisnis makanan adalah bisnis yang menggiurkan bagi semua orang. Karena usaha ini tidak pernah ada matinya. Setiap orang butuh makan. Tak bisa ditawar lagi mengenai hal ini.

Membuka usaha makanan atau kuliner adalah langkah yang bagus. Berwirausaha adalah salah satu langkah yang berani. Karena dengan terjunnya ke dalam usaha sendiri, maka akan mengetahui benar-benar kemampuan seseorang. Dengan usaha, juga tidak bisa lagi merengek-rengek atau mangandalkan upah setiap bulannya dari boss atau perusahaan.

Saat ini banyak anak muda yang terjun ke dalam dunia usaha. Entah ia usaha makanan, beraneka jualan, ataupun mendirikan startup. Jika ditilik lebih dalam, generasi milenial banyak sekali yang mendirikan usaha. Salah satunya adalah usaha kuliner yang mengusung model food truck.

Mengenai usaha dengan konsep mobil ini, kita bisa menengok jauh ke belakang. Usaha food truck ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Dimulai pada tahun 1800-an di Texas, Amerika Serikat. Seiring dengan perkembangan jaman, maka usaha model ini menjamur ke seantero dunia, Indonesia salah satunya.

Food Truck di Indonesia

Indonesia beberapa tahun terakhir ini sedang ngehits usaha kuliner yang berkonsep food truck. Di Indonesia sendiri, usaha kuliner yang mengusung konsep food truck ini baru ada sejak tahun 2014. Usaha ini memiliki organisasi tersendiri, salah satunya adalah Organisasi Mobil Bisnis Indonesia atau sering disebut dengan OMBI. Para anggota OMBI ini, tersebar di Jakarta.

Dikutip dari tirto.id “OMBI saat ini menaungi 44 anggota yang berjualan dengan konsep food truck. Kita bisa bergabung dengan organisasi ini hanya dengan mengirim daftar menu dan  foto food truk atau mobil usaha. Dan juga membayar uang pendaftaran sebesar 1 juta rupiah”. Usaha ini terus berkembang dan menjamur karena penggemarnya semakin banyak. Kita bisa membeli makanan dengan gampang karena usaha ini mudah ditemui.

food truck jakarta
Salah satu food truck di Jakarta

Selain itu, model usaha ini memiliki menu yang menarik untuk kita beli. Ada yang berjualan dari makanan klasik Indonesia, misalnya sate, nasi uduk dan lainnya. Dan kebanyakan usaha food truck menjual beraneka makanan yang sedang ngehits di kalangan anak muda Indonesia, khususnya Jakarta dan sekitarnya. Ia menjual burger hitam dengan berbagai variannya, martabak aneka rasa dan makanan yang susah kita temui di restoran-restoran pada umumnya.

Banyaknya pengusaha yang terjun dengan konsep ini sebenarnya karena tempat usaha di wilayah Jabodetabek dalam hal sewa harganya sangat mahal. Belum lagi proses perizinan yang ribet. Secara hitung-hitungan, usaha ini bisa dikatakan fleksibel dalam hal finansial. Dari modal 50 juta hingga 500 juta kita bisa membuat usaha ini sudah berjalan. Tergantung memilih model mobil yang seperti apa. Dan tentunya ingin berjualan apa juga.

Baca Juga : 5 Tempat Ngopi Asik di Jakarta.

Menariknya di wilayah Jabodetabek saja, usaha seperti ini sudah ada lebih dari 100 mobil atau gerai. Di tahun-tahun mendatang, rasanya angka ini akan terus bertambah dengan seiring semakin banyaknya penggemar kuliner yang berkonsep food truck. Generasi milenial yang sering menghabiskan waktunya pada malam hari untuk nongkrong adalah salah satu alasannya usaha food truck ini menjamur.

Tak hanya itu saja, generasi milenial perkotaan juga tak ingin kalah dengan teman-temannya di media sosial. Akun media sosialnya. Misalnya instagram mereka berisi tempat makan atau makanan yang telah mereka datangi dan tentunya yang sedang ngehits. Maka dari itu, bisnis model food truck ini untuk beberapa waktu ke depan peluangnya masih terbuka lebar. Karena mayoritas pedagang dengan konsep food truck, menunya sangat instagramable banget.

Pelaku bisnis makanan harus terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman, dan salah satunya adalah dengan model food truck. Jadi, para pembeli tak melulu datang ke sebuah lokasi penjualan yang itu-itu saja. Karena, biasanya model usaha ini jika sedang ada event apapun, besar kemungkinan mereka selalu ada.

Boleh-boleh saja ingin bisnis kuliner dengan gaya lama ataupun food truck, yang terpenting adalah yang disajikan itu rasanya enak dan ramah terhadap konsumen. Karena mau menjual makanan dengan konsep umum ataupun food truck sekalipun, kalo yang mereka jual sama-sama aja dengan lainnya akan sulit berkembang ke depannya.

Laporan atau informasi selanjutnya : Kelebihan dan Keuntungan Berbisnis Kuliner Dengan Food Truck.

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE