Dalam dunia maya ini, ada aturan yang berlaku walaupun tidak tertulis. Aturan yang mengharuskan penggunanya dapat bertanggungjawab atas apapun yang dilakukannya dalam penggunaan internet

Setara.net – Abad milenium adalah awal dari mengguritanya akses internet dan media sosial. Jaringan internet dapat menghubungkan orang yang sangat jauh sekalipun dalam jarak sebenarnya menjadi berasa sangat dekat. Kita pun dapat mengaksesnya dimana dan kapan saja. Internet bagaikan dua mata pisau yang bisa sangat berguna tergantung siapa yang memakainya. Di tangan orang jahat, internet akan menjadi hal yang dapat merugikan orang banyak, begitupun sebaliknya.

Dalam dunia maya ini, ada aturan yang berlaku walaupun tidak tertulis. Aturan yang mengharuskan penggunanya dapat bertanggungjawab atas apapun yang dilakukannya dalam penggunaan internet. Berikut hal-hal yang dilakukan secara bebas namun bertanggungjawab dalam menggunakan internet.

Mendapat Informasi Secara Realtime

Dulu media massa menggunakan koran sebagai sumber berita, kemudian muncul televisi dan sekarang internet. Platform berita sudah mulai merambah dalam bisnis internet. Selain menyajikan kemudahan dalam aksesnya, kitapun bisa mendapatkan berita dari belahan dunia lain dalam sekali klik dan realtime.

Mendekatkan yang Jauh dan Menjauhkan yang Dekat

Akses internet telah berjasa mendekatkan orang yang sangat jauh sekalipun, jadi kita dapat mempunyai teman dan mengenal adat mereka dari tempat yang jauh dan tidak dapat kita jangkau secara fisik. Namun terkadang orang sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Ada yang duduk berhadapan namun mereka malah sibuk main hp atau laptopnya sendiri-sendiri. Yang jauh menjadi dekat, yang dekat malah terasa jauh.

Bebas Berpendapat

Di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya, membuat kita bebas mengeluarkan semua uneg-uneg. Posting dan update status sudah menjadi kebutuhan pokok. Orang lain dapat mengakses dan juga mengomentarinya. Bahasan politik, hobi, peristiwa dan lainnya menjadi informasi yang menarik setiap harinya. Namun lebih indah bila digunakan secara bertanggungjawab dan tidak untuk mengundang keributan.

Tetap Berhati-hati

Meski terlihat bebas dan kadang tak terkontrol,  media sosial tetap tergantung pada penggunanya. Apa yang kalian share itu adalah apa yang harus kalian pertanggungjawabkan. Semua kembali kepada bagaimana kita menggunakan akses internet secara bijak.

Kecepatan Internet di Asia-Pasifik pada tahun 2016
Kecepatan Internet di Asia-Pasifik pada tahun 2016 | Setara.net

Ladang Basah Mencari Uang

Jualan sekarang sudah tidak lagi menggunakan cara konvensional dan kuno. Cara jualan tatap muka dan sewa tempat sudah tidak lagi suatu yang harus dilakukan dalam kegiatan berjualan. Sekarang hanya bermodal gawai, kuota dan pulsa sudah bisa menghasilkan omset yang besar. Pemain bisnis online harus jeli melihat peluang dan mematenkan produknya agar bisa bersaing dengan kompetitornya. Bisnis online adalah bisnis yang berpotensi sangat besar di masa depan.

Biang Kejahatan

Selain meraih keuntungan dan omset besar melalui cara halal dan terhormat, ternyata ada juga yang mencari keuntungan tidak halal dan merugikan orang lain. Banyak pelaku kejahatan justru lebih canggih, mereka menipu korbannya melalui internet. Namun informasi dari para korban yang akan langsung memposting cerita sial mereka agar menjadi pelajaran untuk yang lain, bisa menjadi jalan kita agar terhindar dari tindak kejahatan online ini.

Bebas namun tetap bertanggungjawab menjadi rules yang patut dipegang teguh semua pengguna internet. what you say what you do, semua kembali ke tanggung jawab pribadi masing-masing.

Laporan Khusus:

Desti

Blogpreneur yang gak peduli sama sakit hatinya dihina orang, yang tetap berjalan menuju mimpinya sampai terwujud dan akan membuat si penghina berubah sikap menjadi bertepuk tangan dan pengagum rahasia.
SHARE