Setara.net – Menurut data yang dikeluarkan oleh We Are Social bekerja sama dengan Hootsuite pada April tahun 2017, menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan nomor empat pengguna Facebook di dunia. Pengguna aktif bulanan di Indonesia mencapai 111 juta. Indonesia hanya beda tipis dengan negara Brazil di angka 123 juta.

Dengan data tersebut, betapa riuhnya Facebook di Indonesia. Maka bukan hal yang mengagetkan ketika banyak sekali brand-brand besar beralih beriklan di Facebook. Selain biayanya lebih murah, brand juga bisa memilih pasar yang tepat saat ingin beriklan.

Bukan hanya brand-brand besar saja yang melakukan hal ini. Namun para pelaku UKM juga melakukan hal demikian. Rasanya berjualan dan beriklan di Facebook adalah salah satu cara yang legit untuk dilakukan.

Berbicara soal media sosial di Indonesia, kota Jakarta adalah kota yang tak bisa ditinggalkan. Masih menurut sumber yang sama, pengguna aktif di Jakarta hingga April 2017, sebanyak 22 juta. Padahal jika ditilik dengan jumlah penduduk Jakarta, hanya sebanyak 10-an juta jiwa. Artinya terdapat beberapa akun facebook yang palsu. Jakarta menempati kota paling banyak pengguna Facebook nomor tiga dunia, angka ini sama dengan kota Dhaka. Dan kota paling banyak pengguna Facebooknya adalah Bangkok, Cina dengan jumlah pengguna 30 juta.

Ranking Neara dan Kota Terbanyak di Facebook
Ranking Neara dan Kota Terbanyak di Facebook. Sumber: Wearesocial.com

Lalu, apa saja yang Facebook ketahui tentang dirimu?

Tentunya media sosial besutan Mark Zuckerberg, ini mendapatkan data yang lumayan banyak mengenai dirimu dan aktifitasmu. Pada saat kita registrasi untuk membuat akun Fcabeook, maka data yang kita berikan seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat email, ulang tahun dan jenis kelamin.

Namun, apakah hanya data itu saja? ternyata masih banyak banget jika dijabarkan satu persatu. Dimulai dari pekerjaan, pandangan politik, teman, acara yang kamu suka. Memang benar, data yang kita masukkan tersebut kadang banyak yang mengisinya dengan asal, tapi banyak pula yang mengisi datanya dengan sebenar-benarnya.

Sudah cukup dengan data yang kita masukkan saja yang diketahui oleh Facebook? Nyatanya, masih segudang yang bisa diambil oleh Facebook. Mulai dari situs web yang pernah kita kunjungi dari Facebook, operator penyedia internet, peramban yang kita gunakan, alamat IP dan lain sebagainya.

Segala Sesuatu Tentang Dirimu yang Diketahui Facebook
Segala Sesuatu Tentang Dirimu yang Diketahui Facebook. Via Politwika.com

Memanfaatkan data
Facebook adalah salah satu media pengumpul data yang terbesar di dunia. Gunanya apasih data-data yang ada di Facebook? Salah satu yang paling nyata adalah, Facebook memanfaatkan data kita dengan mengolahnya menjadi target iklan. Lagi-lagi, ini adalah bisnis meskipun tanpa kita sadari.

Maka dari itu ketika akan memakai jasa iklan dari Facebook, kita bisa memilih target mengenai rentang usia, kota, kesukaan dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan Facebook mendapatkan pundi-pundi jutaan dollar dari iklan.

Menurut data yang dikeularkan oleh Bloomberg, Facebook pada semester pertama tahun ini mengantongi pendapatan sebesar US$ 17,4 miliar. Pendapatan ini naik 46,84 persen dibandingkan dengan pendapatan di semester pertama tahun sebelumnya. Soal laba, media sosial bikinan Mark Zuckerberg, pada paruh pertama 2017 juga tumbuh 73,4 persen menjadi US$ 6,95 miliar atau sekitar Rp 92,4 triliun dari paruh pertama tahun sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, Facebook menjadi tujuan media sosial untuk para pengiklan. Hal ini seperti yang dirilis oleh Social Media Examiner, para pengiklan menggunakan Facebook dalam memasarkan produknya mencapai 94 persen. Di urutan kedua terdapat Twitter di angka 68 persen, dan Linkedin sebesar 56 persen. Jadi dengan kata lain, Facebook masih menjadi media sosial primadona bagi masyarakat di Indonesia.

Laporan Khusus:

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)