Jaman serba canggih, dimana seseorang dapat mengetahui keadaan orang lain dengan mudahnya. Tanpa sadar kita sering membagikan data, cerita dan profil pribadi ke akun media sosial.

Setara.net – Orang yang hidup di jaman serba canggih seperti sekarang ini rata-rata akan menggunakan laptop, PC, atau gadget lainnya. Dengan banyaknya orang yang menggunakannya, terkadang apa saja bisa dijadikan tindak kejahatan. Internet dan gadget ibarat dua mata pisau. Jika digunakan oleh orang baik pasti akan menjadi sesuatu yang bermanfaat, begitu juga sebaliknya.

Pada tahun 2016, Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengadakan survei, bahwa setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet. Sebanyak 132,7 juta dari total 256,2 juta penduduk Indonesia terhubung dengan internet. Naik 51.8% dibandingkan dengan survei tahun 2014.

Tahun 2016 lalu ada kejadian yang dialami sendiri oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, ia mengatakan bahwa ada yang memata-matainya melalui webcam laptopnya. Padahal Mark yang membuat situs yang dapat membagi data pribadi netizen dengan izin netizen sendiri. Sedangkan data pribadi yang tidak ingin netizen bagi akan tersimpan di  server Facebook yang setiap harinya bisa lebih dari jutaan data pribadi yang masuk ke servernya.

mark zuckerberg menutup webcam pada laptopnya
Mark Zuckerberg menutup webcam laptopnya

Mark menyampaikan alasannya menutup webcam dan audio jack di laptopnya. Sejak saat itu Mark menutup webcam dan audio jack speaker dengan selotip. Mungkin kamu merasa tidak sepenting Mark, namun ada baiknya kamu juga harus tahu dan patut waspada dan inilah alasan harus menutup webcam di laptop kalian.

Menghindari Pelecehan

Pelecehan atau orang yang suka cabul tidak hanya melalui tindakan kontak fisik, melalui cara bicarapun bisa melakukan tindakan cabul. Contohnya kalau dikaitkan dengan webcam, mungkin sista banyak yang pernah ganti baju di depan laptop yang terbuka dan merasa santai saja karena merasa tidak ada orang. Tapi kalau ada yang meretas laptop kalian dan merekam semua kegiatan kalian, bisa gawat kan? Apalagi video cewe kalau dijual itu ternyata lebih mahal ketimbang video cowo. Be carefull ya sista!

Menghindari Pemerasan

Video atau foto kita bisa saja dijadikan alat untuk memeras kita. Mungkin kamu merasa tidak melakukan hal-hal yang aneh yang akan membuat orang lain memeras kamu. Dan juga tidak mungkin kamu masuk dalam transaksi Deep Web dengan aksesnya yang sulit. Tapi kalau mereka meretas laptop dan video atau foto pribadi kamu diambil dan mereka memerasmu? Jadi kamu wajib berhati-hati.

Bisa Memata-matai Orang

Jika kamu ingin memata-matai orang, kamu bisa menginstall file RAT (Remote Administration Tools) di laptop orang tersebut yang ingin kamu mata-matai. Kalau sudah terpasang, semua aktifitas di depan laptop akan terlihat. Tapi disini kami bukan ingin mengajarkan kalian tidak baik ya. Kalau kalian yang jadi korban, kalian harus waspada dan mungkin bisa melakukan pengecekan ke laptop kalian. Apa pernah dipinjamkan ke sembarang orang atau ada file RAT yang tertanam di dalamnya.

Pengertian dan Fungsi Webcam
Pengertian dan Fungsi Webcam | Setara.net

Organisasi Kejahatan

Banyak organisasi kejahatan seperti teroris yang mencari dan mengumpulkan data-data netizen yang menjadi targetnya. Di samsung smart tv-pun dipasang kamera dan microphone yang berguna untuk mempelajari aktivitas penggunanya. Demikian halnya laptop, jika terdapat file RAT atau ada hacker yang mengancam, webcam dan microphone ini tetap dapat diakses meski dalam keadaan mati.

Jaman serba canggih, dimana seseorang dapat mengetahui keadaan orang lain dengan mudahnya. Tanpa sadar kita sering membagikan data, cerita dan profil pribadi ke akun media sosial. Patutnya kita selalu waspada dengan tindak-tanduk yang kita lakukan agar lebih bertanggung jawab terhadap apapun yang kita lakukan dan lebih berhati-hati dari ancaman hacker jahat.

Laporan Khusus:

Desti

Blogpreneur yang gak peduli sama sakit hatinya dihina orang, yang tetap berjalan menuju mimpinya sampai terwujud dan akan membuat si penghina berubah sikap menjadi bertepuk tangan dan pengagum rahasia.
SHARE