Setara.net – Bicara Indonesia, sungguh negara kaya dengan beragam budaya, makanan khas, alam yang indah dan penghuninya yang ramah. Salah satu yang akan saya angkat dalam artikel kali ini adalah kulinernya. Kalian pasti pernah dengar beragam kue basah khas dari seluruh indonesia, yang rasanya pasti enak dengan nama yang unik dan cara pembuatan yang mudah.

DODOL

kue dodolDodol menurut Wikipedia adalah penganan manis dari Indonesia dan Malaysia. Dodol harus dibuat dalam waktu yang cukup lama dan membutuhkan keahlian khusus. Dodol dengan rasa original terbuat dari santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Dodol juga bisa ditambahkan rasa lain, yang terkenal adalah dodol durian atau biasa disebut lempok, dodol sirsak, dodol nangka, dodol jahe, dan dodol markisa.

Dodol tidak hanya khas Betawi, beda daerah beda nama, dodol khas Garut disebut dodol Garut, dodol khas Kandangan, Kalimantan Selatan disebut dodol Kandangan. Di Jawa tengah dan Jawa timur, dodol disebut jenang. Jenang lebih lembek dan basah berminyak daripada dodol, umumnya dijual dalam bentuk lempengan. Dodol lebih kering dan kesat, dibungkus dengan plastik atau kertas roti, dan biasanya dijual dalam jumlah besar di dalam kardus.

SERABI

 

serabiSerabi terbuat dari bahan utama tepung beras. Ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca atau kuah manis dari gula merah dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya.

WAJIK

Wajik Ketan Gula MerahWajik terbuat dari beras ketan yang dicampur gula merah, warnanya kecoklatan dan rasanya yang menggugah selera. Sama dengan dodol, wajik pun beda daerah beda pula namanya. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah. Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis. Di Blitar disebut wajik kletik dibungkus dengan kulit jagung. Kalau di Bandung wajik dibungkus dengan kertas warna warni.

GETUK

Getuk

Salah satu kue basah yang terbuat dari singkong, teksturnya lembut dan kenyal, disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Dan mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PUTU MAYANG

Putu Mayang

Putu mayang salah satu kue khas Betawi, terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu, teksturnya kenyal dan berbentuk seperti mie. Cara makan dicampur dengan kinca rasa, seperti halnya serabi.

KLEPON

Klepon

Klepon atau kelepon adalah salah satu jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan, berbentuk bulat kecil berwarna hijau, teksturnya kenyal dan diisi gula merah, dibalut dengan parutan kelapa gurih. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di Sumatera dan di Malaysia, klepon disebut juga “onde-onde”, sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut Onde-onde adalah bola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde.

BIKA AMBON

BIka Ambon

Mungkin Anda mengira kue satu ini berasal dari Ambon, tetapi ternyata kue ini berasal dari daerah lain yakni Medan Sumatera Utara. Penamaan bika ambon konon katanya karena pembuatan awalnya berasal di jalan ambon yang berada di kota medan, sehingga dinamakanlah kue ini menjadi bika ambon. Kue berwarna kuning dan bertekstur bolong-bolong seperti Spongebob ini, memilik rasa yang khas, dan dijadikan oleh-oleh yang wajib bagi yang berkunjung ke kota Medan.

Sebenarnya masih banyak kue khas Indonesia. Betapa kayanya Indonesia akan kulinernya, semoga kita sebagai generasi penerus bangsa dapat melestarikan budaya Indonesia terutama dalam bidang kulinernya, aamiin.

Kue khas Indonesia (Nusantara)
Kue khas Indonesia (Nusantara) | Setara.net

Baca juga:

Desti

Blogpreneur yang gak peduli sama sakit hatinya dihina orang, yang tetap berjalan menuju mimpinya sampai terwujud dan akan membuat si penghina berubah sikap menjadi bertepuk tangan dan pengagum rahasia.
SHARE