Setara.net – Musim kemarau adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai. Cuaca yang cerah bahkan cenderung terik, semilir angin, ombak yang memukau akan menjadi momen-momen yang paling dinanti. Berjemur, bermain voli pantai, hingga berselancar pun akan lebih menyenangkan tanpa hambatan.

Tidak heran jika pada periode antara bulan April hingga September, banyak wisatawan berburu tiket kereta api untuk mengunjungi daerah-daerah yang memiliki objek wisata pantai. Sebut saja Yogyakarta dengan Pantai Parangtritisnya yang tersohor, atau Kebumen yang memiliki destinasi wisata pantai dengan dinding karang yang megah, Pantai Karang Bolong, dan masih banyak lagi.

Sama halnya jika Anda ingin bepergian, persiapan selalu menjadi yang utama. Salah satunya adalah tiket. Jika Anda berencana menggunakan kereta api, sebaiknya belilah tiket minimal satu bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tidak perlu harus pergi ke stasiun, karena tiket kereta api juga bisa dibeli secara online, misalnya melalui Traveloka.

Jadi, apa pun kondisinya, dimana pun Anda berada, selama 24 jam, Anda bisa beli tiket KAI di Traveloka. Selain tiket, pastikan Anda tidak lupa membawa 6 benda berikut saat pergi ke pantai

  1. Pakaian Berbahan TipisPakaian Berbahan Tipis

Baju Pantai – beautynesia.id

Terik matahari dan angin laut yang membawa hawa panas pasti akan membuat tubuh cepat berkeringat. Oleh karena itu, jangan sampai salah kostum ya. Kenakan pakaian berbahan tipis agar Anda tidak merasa gerah. Agar lebih nyaman, sebaiknya kenakan bawahan berupa celana pendek atau legging.

  1. Topi Pantai dan KacamataTopi Pantai dan Kacamata

Topi Pantai dan Kaca Mata – lifestyle.kompas.com

Benda berikutnya yang tidak boleh tertinggal adalah topi pantai dan kacamata. Kedua benda ini berfungsi untuk melindungi wajah dan mata dari panas matahari. Jika Anda bepergian dengan kereta api, ada banyak toko suvenir di stasiun sebagai antisipasi apabila kedua benda ini lupa terbawa.

  1. Pembersih Rambut dan Bedak Bayi Pembersih Rambut dan Bedak Bayi

Pembersih Rambut dan Bedak Bayi – femaledaily.com

Tahukah Anda bahwa udara pantai cenderung kering dan akan membuat rambut menjadi lengket serta bau? Anda bisa mengantisipasinya dengan membawa pembersih rambut berbentuk spray, misalnya vitamin dan tonic. Pembersih ini tentu berguna seandainya Anda tidak sempat mencuci rambut selepas bermain di pantai.

Lalu, apa guna membawa bedak bayi? Benda satu ini terbukti efektif untuk menghilangkan pasir pantai yang menempel di tubuh, terutama di kulit kepala dan rambut. Meskipun telah dicuci, pasir tidak serta-merta langsung hilang dari rambut. Anda bisa menaburkan bedak dan mengusapnya di kulit kepala serta rambut. Jangan khawatir, karena kandungan alami yang ada pada bedak bayi aman untuk kulit kepala dan rambut.

  1. Krim Pelindung (Sunblock)Sunblock

Sunblock – grocerry.apnamshop.com

Berjemur di pantai memang mengasyikkan. Akan tetapi, sengatan matahari yang langsung mengenai kulit akan membuat kulit memerah dan bahkan perih. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa sunblock dengan kandungan SPF minimal 30. Oleskan ke seluruh tubuh, termasuk wajah, sebelum Anda berjemur.

  1. Pakaian Ganti Pakaian Ganti

Pakaian Pengganti – viva.co.id

Ombak pantai yang memukau di musim panas pasti akan sayang untuk dilewatkan. Berenang di tepian menjadi satu cara terbaik untuk menikmati deburannya. Namun, jangan sampai lupa bawa pakaian ganti ya, terutama pakaian dalam cadangan. Apa jadinya liburan ke pantai jika hanya dihabiskan dengan duduk di warung-warung tenda saja?

  1. TikarTikar

Karpet – wowkeren.com

Meskipun ada banyak penjual tikar di sekitar pantai, ada baiknya jika Anda membawanya sendiri. Umumnya, harga barang-barang yang dijajakan di sekitar destinasi wisata memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Benda satu ini jelas berguna bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga atau pasangan sembari merasakan lembutnya pasir pantai.

Agar bawaan tidak terlalu berat, sebaiknya bawa tikar berukuran kecil yang bisa dilipat. Hindari membawa tikar gulung, karena akan membuat Anda kesulitan mengepaknya bersama barang bawaan Anda yang lain. Selain itu, ada batasan bagasi yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan alat transportasi umum, termasuk kereta api. Jangan sampai Anda gagal berwisata hanya karena barang bawaan yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Jika Anda memutuskan untuk singgah di penginapan terlebih dahulu sebelum ke pantai, sebaiknya bawalah tas kecil yang kedap air untuk menampung benda-benda penting tadi. Pastinya, Anda tidak ingin kerepotan memanggul backpack berukuran besar di pantai, kan? Jangan lupa pula sisipkan kantong plastik berukuran sedang untuk wadah pakaian basah.

Redaksi

Redaksi

Temukan informasi yang menarik dari Setara.net yang diupdate setiap hari.
Redaksi
SHARE