Setara.net – Di bulan Desember ini, mayoritas orang akan berburu tiket murah untuk liburan akhir tahunnya. Karena pada musim inilah mereka akan memanfaatkan hari liburnya untuk berliburan dengan tujuan melepaskan kepenatan dan menyambut tahun baru dengan pesta.

Saat ini, membeli tiket pesawat tak seribet dulu. Kita tinggal membuka website penyedia booking tiket dan beberapa detik kemudian kita akan mendapatkan tiket yang kita beli. Membeli tiket secara konvensional hari ini sangat jarang dilakukan. Alasannya jelas, selain memakan waktu yang lama, juga banyak harga tiket di konvensional harganya justru lebih mahal dibandingkan ketika beli online. Dengan alasan tersebut maka website penyedia booking tiket pesawat dari hari ke hari kian menjamur.

Bisnis ini adalah ladang yang sangat menggiurkan. Karena, mayoritas kelas menengah di Indonesia jika bepergian ke luar kota akan menggunakan moda transportasi pesawat. Selain cepat, harga tiket pesawat juga tak mahal-mahal amat di hari biasa.

Apa saja website penyedia booking tiket pesawat yang terbaik dan paling banyak dicari oleh orang Indonesia? Perlu diketahui, ini adalah pengalaman pribadi, bisa jadi Anda tak setuju dengan pendapat saya.

5 website penyedia booking tiket terbaik di Indonesia

Traveloka
Pastinya Anda semua akan tahu mengenai website yang satu ini. Dengan iklan yang lumayan sering muncul di televisi, membuat Traveloka familiar di masyarakat. Rasanya semua akan setuju jika saya menempatkan website ini di puncak untuk penyedia booking tiket terbaik di Indonesia. Pada awal berdirinya startup ini, mereka hanya menjual tiket pesawat saja. Itupun hanya maskapai tertentu, seperti Lion Air, Air Asia dan Garuda Indonesia. Namun, sekarang apa? Mereka menjual hampir seluruh tiket dari maskapai yang ada di Indonesia.

Hal ini disambut positif oleh masyarakat. Seiring melesatnya traveloka di pasaran, hari ini mereka tak hanya tiket pesawat saja yang dijual. Mereka merambah juga ke pemesanan kamar hotel. Yang membuat ia menjadi primadona adalah harga yang mereka tampilkan adalah harga total pembayaran pada saat kita beli tiket tersebut. Ditambah lagi, gak ribet.

Tiket.com
Website penyedia booking tiket pesawat yang satu ini berdiri pada tahun 2011 lalu. Dengan gencarnya promo yang unik di awal berdiri, hanya dengan waktu dua tahun tiket.com sudah mendapatkan profit. Di Tiket tak hanya menjual tiket pesawat saja. Pantauan terakhir Travelizt Indonesia, Tiket.com menjual tiket pesawat, tiket kereta api, tiket events, booking hotel dan sewa mobil. Memang, pendapatan terbesar dari perusahaan masih di lini tiket pesawat. Tiket.com juga salah satu agen resmi penjual tiket kereta api selain di website PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Pegipegi
Dengan persaingan yang ketat pada bisnis ini, maka Pegipegi membuat strategi yang lumayan handal. Mereka menyediakan layanan customer service tak hanya melalui telepon dan email saja. Namun mereka menyediakan layanan ke pelanggan juga melalui BBM, Line dan WhatsApp. Jadi Anda jika ada kesulitan dalam memesan tiket atau kendala lain, anda bisa langsung chatting dengan customer service-nya. Dengan kemudahan itulah, pelanggan pegipegi semakin banyak.

Nusatrip
Nusatrip ini hampir sama dengan traveloka. Mereka menjual tiket pesawat dan layanan booking hotel. Pada website nusatrip.com, mereka mengklaim bahwa saat ini terdapat 460 pilihan maskapai yang bisa anda pilih. Tentu penerbangan domestik maupun manca negara. Lalu mereka telah bekerjasama dengan lebih dari 100.000 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Utiket.com
Dibuat pada tahun 2011, Utiket.com berbeda dengan keempat website di atas. Utiket merupakan situs untuk mencari dan menemukan tiket pesawat murah di Indonesia maupun di kota-kota yang ada di Asia. Mereka tidak menjual tiket pesawat, namun hanya membantu dan mempermudah anda untuk menemukan tiket dengan tarif paling murah. Semua data penerbangan, harga tiket dan waktu berangkatan adalah real-time dan akurat.

peringkat website booking tiket pesawat indonesia
Peringkat Alexa dan Jumlah kunjungan – infografis oleh travelizt.com

Itulah beberapa website yang bisa anda coba di rumah. Tak perlu keluar rumah, panas-panasan dan lain sebagainya. Dengan majunya teknologi, maka perusahaan-perusahaan yang bergerak di lini bisnis booking tiket harus segera berinovasi. Jika tidak, rasanya seperti perusahaan anda menggali kuburnya sendiri.

Laopran :
1. Tips Berburu Tiket Pesawat Murah di Libur Akhir Tahun
2. Tips Agar Koper Tak Dibobol Maling di Bandara
3. Pertamakali Naik Pesawat? Ketahui Hal Berikut Ini

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda
SHARE