Setara.net – Tak terasa Dompet Dhuafa kini hampir berusia 25 tahun. Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat kemanuasiaan kaum dhuafa dengan dana dari ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf). Dengan kiprah yang memasuki 25 tahun ini, Dompet Dhuafa membuat terobosan-terobosan baru yang semakin bagus. Kontribusi Dompet Dhuafa selama 24 tahun telah melayani ummat dalam bidang sosial, kesehahtan, ekonomi dan kebencanaan serta CSR.

Langkah terbaru dari Dompet Dhuafa pada tahun 2017 dan tahun ini adalah dengan cara berkolaborasi dengan membawa budaya masyarakat Indonesia untuk terus bersama memajukan bangsa. Sampai tahun 2018, Dompet Dhuafa telah memiliki 17 cabang dan perwakilan dalam negeri, 5 cabang berada di luar negeri. Dengan banyaknya cabang yang tersebar di seluruh Indonesia maupun di luar negeri, kini Dompet Dhuafa telah memiliki sebanyak 138 program.

Sebanyak 5 pilar program Dompet Dhuafa telah dibuat dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, dan dakwah. Misalnya pada bidang pendidikan, program dari Dompet Dhuafa adalah SMART Ekselenesia Indonesia, Beastudi Indonesia, Makmal Pendidikan, Sekolah GUru Indonesia, Pusat belajar Anti Korupsi dan lain sebagainya.

Dari awal berdiri yakni pada April 1993 hingga tahun 2017, Dompet Dhuafa telah menyalurkan kepada sebanyak 16.80 juta jiwa penerima manfaaat layanan. Sementara itu penerima manfaat dari luar negeri sebanyak 82.882 jiwa dan layanan.

Dengan program dan berbagai perkembangan tersebut, Dompet Dhuafa membuat acara “Public Expose 2018 Dompet Dhuafa” pada Rabu, 31 Januari 2018, yang diadakan di Gado-Gado Boplo, Jl. Gereja Theresia No. 41, Menteng, Jakarta Pusat.

Public Expose Dompet Dhuafa 2018
Public Expose Dompet Dhuafa 2018

Public Expose tersebut membahas mengenai kiprah Dompet Dhuafa selama tahun 2017. Kinerja apa yang telah dilakukan, perolehan dana, penyaluran dana melalui program dan lain sebagainya.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Direktur Corporate Secretary Dompet Dhuafa Bapak Yudha Abadi. Beliau menegaskan pentingnya kolaborasi atau kerjasama Dompet Dhuafa dengan berbagai pihak.

Selanjutnya pemaparan dari Drg. Imam Rulyawan sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, dengan tema “Pemaparan Kinerja Dompet Dhuafa Filantropi 2017”.

Para Blogger & Media pada Public Expose Dompet Dhuafa 2018 (2)
Para Blogger & Media pada Public Expose Dompet Dhuafa 2018

“Dompet Dhuafa selama perjalanan 25 tahun ini, semakin menguatkan potensi lokal dengan menjalankan konsep Social Entrepise seperti program Green Horti dan Kebun Indonesia Berdaya” ungkap Drg. Imam Rulyawan.

Selain itu jika menilik laporan dari Dompet Dhuafa, menariknya setiap tahun pertumbuhan donatur terus meningkat. Di tahun 2017 sejumlah 185.709 donatur yang telah berkontribusi kepada Dompet Dhuafa.

Robit Mikrojul Huda

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.
Robit Mikrojul Huda
SHARE