Jumlah narapidana bukanlah daftar angka yang dikemukakan oleh angka-angka. Namun mereka adalah manusia, seperti kita.

Setara.net – Penjara adalah tempat hukuman di dunia yang nyata. Umumnya penjara diatur oleh instutusi pemerintah yang merupakan bagian sistem pengadilan kriminal di negara tersebut. Banyaknya narapidana yang menjadi tahanan membuat pemerintah harus menyediakan tempat yang begitu banyak agar tidak melebihi kapasitas.

Bisa dikatakan “penjahat” dengan berbagai latar belakang dikumpulkan di dalam penjara. Kasus pembunuhan, pencurian, perampokan, narkoba dan kasus kejahatan lainnya. Nah beberapa waktu lalu World Prison Brief, sebuah pusat internasional untuk studi penjara telah merilis jumlah narapidana terbanyak di dunia. Apakah Indonesia termasuk di dalamnya?

1. Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat yang dipimpin oleh Donald Trump ini ternyata memiliki narapidana terbanyak di dunia. Hingga saat ini, narapidana di Amerika Serikat jumlahnya lebih dari 2,1 juta.

2. Cina

Negara Cina hingga tahun 2013, memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,357 miliar jiwa. Dengan begitu banyaknya, maka Cina juga memiliki jumlah narapidana yang banyak. Cina menempati posisi kedua terbanyak di dunia dalam jumlah narapidana. Saat ini di Cina terdapat sekitar 1,6 juta narapidana.

3. Rusia

Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini pada tahun 2013, jumlah populasi penduduknya mencapai 143,5 juta jiwa. Hampir setengahnya dari Indonesia. Namun dalam hal jumlah narapidana, ternyata Rusia mendapatkan posisi nomor tiga. Rusia saat ini memiliki narapidana kurang lebih sebanyak 630,2 ribu narapidana. Jumlah yang fantastis jika dibandingkan dengan populasi negara Rusia.

4. Brazil

Posisi ke empat dengan narapidana terbanyak di dunia adalah Brazil. Saat ini di Brazil jumlah narapidananya sebanyak 622,2 ribu. Di Brazil populasinya pada tahun 2013 sebanyak 200,4 juta jiwa.

10 negara dengan jumlah narapidana terbanyak di dunia
10 negara dengan jumlah narapidana terbanyak di dunia | Setara.net

5. India

Banyaknya kasus pemerkosaan menyumbang jumlah narapidana di negara ini. Dengan jumlah populasi mencapai  1,252 miliar jiwa, di India terdapat narapidana sebanyak 419,6 ribu. India adalah negara dengan penduduk paling baanyak nomor dua.

6. Thailand

Thailand jumlah penduduknya sebanyak 67,01 juta jiwa. Namun, soal jumlah narapidana, Thailand mendapatkan peringkat 6 dunia. Saat ini jumlah narapidana yang ada di Thailand sebanyak 289,7 ribu narapidana. Angka yang sangat besar.

7. Meksiko

Dengan maraknya gangster yang terdapat di Meksiko, tentunya juga berkolerasi dengan tindakan-tindakan kriminal. Belum lagi dengan penyerangan-penyerangan brutal, menambah daftar panjang kejahatan di Meksiko. Jumlah penduduk Meksiko pada tahun 2013 mencapai 122,3 juta jiwa. Namun untuk jumlah narapidana di negara ini sebanyak 233,5 ribu narapidana.

8. Iran

Konflik yang berkepanjangan di Iran, dan juga banyaknya serangan bom bunuh diri serta kasus-kasus lainnya membuat Iran mendapat peringkat ke delapan dunia soal narapidana terbanyak di dunia. Jumlah narapidana di Iran sebanyak 225, 6 ribu jiwa. Beda tipis dengan Meksiko. Iran pada tahun 2013 memiliki jumlah penduduk sebanyak 77,45 juta jiwa.

9. Indonesia

Posisi ke sembilan ditempati oleh negara kita, Indonesia. Di Indonesia ternyata memiliki jumlah narapidana sebanyak 206,8 ribu napi. Jumlah tersebut berarti setiap 100 ribu penduduk di Indonesia, terdapat 78 orang yang dipenjara. Banyaknya jumlah narapidana di Indonesia dan kapasitas lembaga permasyarakatan yang terbatas menimbulkan kelebihan daya tampung (over capacity). Bahkan ada yang kelebihan kapasistas sebesar 700 persen!

10. Turki

Negara ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 74,93 juta jiwa. Dengan populasi tersebut, di Turki ternyata jumlah narapidananya juga tak kalah banyak. Saat ini Turki memiliki jumlah narapidan sebanyak 201,2 ribu narapidana. Beda tipis dengan Indonesia. Hanya beda sekitar 5 ribu narapidana saja.

Jumlah narapidana bukanlah daftar angka yang dikemukakan oleh angka-angka. Namun mereka adalah manusia, seperti kita. Selayaknya harus dimanusiakan. Yang bikin miris adalah, masih banyaknya penjara yang kelebihan kapasitas untuk menampung para tahanan.

Laporan Khusus:

Robit Mikrojul Huda

Belajar rajin nulis di Setara.net. Penikmat kopi hitam dan sedang belajar digital marketing.

Latest posts by Robit Mikrojul Huda (see all)

SHARE